9 Manfaat Buah Cempedak

9 Manfaat Buah Cempedak

Buah cempedak adalah tanaman buah dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharuman cempedak seperti buah nangka, meski aromanya sangat menusuk kuat mirip buah durian.

Tanaman buah cempedak ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas dari wilayah negara indonesia, Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand.

Pohon cempedak selalu hijau, ukuran sedang besarnya, tinggi pohon mencapai 15 hingga 20 meter. Ranting dan pucuk dengan rambut halus dan kaku, agak kecoklatan dan berumah satu (monoecious).

Ciri ciri daun tipis agak kaku seperti kulit, bertangkai, bulat telur terbalik sampai jorong dengan panjang ukuran sampai 25 cm, bertepi rata (integer, utuh), dengan pangkal berbentuk pasak sampai membulat, ujung meruncing atau dalam bahasa latin (acuminate).

Tangkai daun 1 hingga 3 cm. Daun penumpu bulat telur memanjang, meruncing, mudah rontok atau gugur dan meninggalkan bekas berupa cincin pada ranting pohon.

Ciri Ciri Buah Cempedak


Pada perbungaan sendiri, muncul di ketiak daun, ukuran cabang besar atau pada batang utama (cauliflory), pucuk pendek khusus yang berdaun. Karangan bunga jantan berbentuk bongkol seperti gada atau gelendong, warna hijau pucat atau kekuningan, bertangkai 3 hingga 6 cm.

Dan pada bongkol bunga betina berbentuk gada memanjang, dengan bunga yang tertancap sedalam 1,5 mm dalam poros bongkol dan bagian bebas sekitar 3 mm.

Untuk ciri ciri buah semu majemuk (syncarp) berbentuk silinder sampai bulat, dengan ukuran 10 hingga 35 cm, warna buah kehijauan, kekuningan sampai kecoklatan, dengan tonjolan piramidal serupa duri lunak yang rapat atau licin berpetak dengan mata faset.

Untuk daging buah sesungguhnya adalah perhiasan bunga yang membesar dan menebal, putih kekuningan sampai jingga, manis dan harum, bertekstur lembut, licin berlendir di lidah dan agak berserat berasa manis.

Tidak seperti buah nangka, buah cempedak keseluruhan massa daging beserta bunga steril atau gagal (dikenal sebagai dami) buah mudah lepas dari poros (hati), buah semu apabila masak atau matang. Biji bulat gepeng atau memanjang dengan ukuran 2 hingga 3 cm.

Buah CEMPEDAK dimakan dalam keadaan segar atau diolah terlebih dulu. Daging buah cempedak, kadang beserta bijinya diberi tepung, gula atau garam dan digoreng. Biji dapat digoreng, direbus atau dibakar.Cempedak yang masih muda dapat dijadikan sayur.

Untuk kualitas kayu cukup baik, kuat dan awet, sehingga dapat digunakan sebagai bahan kayu bangunan, bahan perabotan rumah, atau bahan untuk pembuatan perahu. Kulit kayu yang berserat dapat digunakan sebagai bahan tali. Untuk kayu juga dapat dihasilkan sebagai bahan pewarna.

Perkembang Biakan Buah Cempedak


Pohon cempedak banyak dijumpai di hutan hujan dataran rendah, baik hutan primer maupun sekunder.
Tumbuh hingga ketinggian sekitar 1000 mdpl atau 1000 meter di atas permukaan laut, pohon buah cempedak ini menyukai daerah dengan musim kering yang tidak tegas, lahan dengan permukaan air tanah yang dangkal, dan bahkan tahan sesekali tergenang banjir.

Pohon cempedak biasa ditanam di pekarangan, kebun campuran yang tidak jarang meliar menjadi hutan sekunder. Pohon cempedak juga dapat bersilangan secara alami dengan nangka.

baca juga manfaat dari buah gowok

Banyaknya Buah Cempedak yang diteliti (Berat Makanan) = 100 gr
Bagian Buah Cempedak yang dapat dikonsumsi (Bdd / Makanan yang Dimakan) = 30%

  • Kandungan Energi 116 kkal.
  • Kandungan Protein 3 gr.
  • Kandungan Lemak 0,4 gr.
  • Kandungan Karbohidrat 28,6 gr.
  • Kandungan Kalsium 20 mg.
  • Kandungan Fosfor 30 mg.
  • Kandungan Zat Besi 2 mg.
  • Kandungan Vitamin A 200 IU.
  • Kandungan Vitamin B1 0 mg.
  • Kandungan Vitamin C 15 mg.
Sumber Informasi Gizi dan Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sumber lainnya.

Manfaat Buah Cempedak


1. Baik Untuk Mata.

Vitamin A yang terkandung dalam buah CEMPEDAK sangat baik untuk kesehatan mata, mata yang sehat akan membuat pandangan lebih jelas dan jernih. Buah cempedak juga bisa mencegah penyakit mata minus atau rabun.

2. Mengobati Penyakit Malaria.

Buah cempedak ini dapat mengobati penyakit malaria secara bertahap dengan setiap hari mengonsumsinya. Senyawa enzim dan bioflavonoid yang terkandung dalam buah cempedak sangat baik dikonsumsi untuk penderita penyakit malaria.

3. Membuat Langsing.

Nutrisi yang terkandung dalam buah cempedak diyakini dapat melangsingkan tubuh. Buah cempedak bisa dijadikan makanan yang bermanfaat untuk melangsingkan tubuh serta menyehatkan. Buah cempedak bisa membuat Anda cukup kenyang, sehingga Anda tidak akan cepat terasa lapar.

4. Menyingkirkan Bakteri.

Buah cempedak diyakini bisa menyingkirkan bakteri atau kuman yang menganggu sistem kesehatan dalam tubuh. Tubuh yang bebas bakteri akan membuat terbebas juga dari penyakit.

5. Menghambat Tumor.

Cempedak sebagai pereda tumor. Kandungan bioflavonoid buah cempedak diyakini bisa menghambat penyakit tumor. Gejala tumor dalam tubuh akan diatasi oleh kandungan tersebut.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Konsumsi buah cempedak secara teratur agar sistem imun dapat meningkat dengan baik.
Daya tahan tubuh yang baik tentu akan membuat badan sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

7. Mengatasi Kolesterol.

Kolesterol jahat biasanya akan menyerang peredaran darah, sehingga aliran darah ke organ tubuh akan tersumbat. Buah cempedak bisa menjinakkan kolesterol jahat dalam sirkulasi darah di tubuh Anda dengan lancar.

8. Menyehatkan Pencernaan.

Vitamin, mineral dan serat yang terkandung dalam buah cempedak akan membuat sistem pencernaan lebih sehat. Organ pencernaan akan berfungsi lebih baik, sehingga proses pencernaan makanan berjalan lancar.

9. Asupan Air Untuk Tubuh.

Buah cempedak adalah buah yang terdiri dari kandungan air yang cukup banyak. Kekurangan air bisa sangat berbahaya bagi tubuh, karena akan mudah lelah dan tidak bertenaga. Jadi makan buah ini baik untuk tubuh yang kurang cairan atau mengalami dehidrasi.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan