10 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

10 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Kangkung atau dalam bahasa latin Ipomoea aquatica adalah tanaman tropis semi-akuatik yang ditanam sebagai sayuran untuk tunas dan daunnya.

Kangkung atau bayam air ditemukan di seluruh wilayah tropis & subtropis di belahan penjuru dunia, meskipun sayuran kangkung tidak diketahui dari mana asalnya.

Tanaman ini dikenal dalam banyak bahasa: antara lain, bayam sungai, konvolvulus air, atau dengan nama yang lebih ambigu bayam Cina, selada air Cina, konvolvulus Cina, kol rawa, dan dalam bahasa Inggris sebagai bayam air atau morning glory (tanaman memanjat sering dibudidayakan untuk bunga berbentuk terompet mencolok, yang biasanya terbuka di pagi hari dan layu pada siang hari).

Kangkung adalah sayuran sehat yang dikenal di seluruh dunia. Media tanam sayuran ini adalah tanah berair atau lembab.

Kangkung atau Ipomoea aquatica tumbuh baik di air atau di tanah yang lembab. Batang tumbuh 25 hingga 1 meter, dan mereka berongga dan dapat melayang.

Daun bervariasi dari biasanya sagittate (berbentuk kepala panah) ke lanset, 5-15 cm, panjang 2-10 cm. Bunga berbentuk terompet, berdiameter 3-5 cm, dan biasanya berwarna putih dengan pusat ungu muda.

Perbanyakan atau berkembang biak dengan menanam stek pucuk batang yang akan berakar sepanjang simpul atau menanam biji dari bunga yang menghasilkan polong biji.

Kangkung paling umum ditanam di Asia Selatan, Tenggara hingga timur. Bayam air berkembang secara alami di saluran air.

Kangkung digunakan secara luas dalam masakan Indonesia, Laos, Burma, Thailand, Kamboja, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Cina, terutama di daerah pedesaan atau kampung. Kangkung sangat populer di Taiwan, di mana ia tumbuh dengan baik.

Di daerah non-tropis, tanaman ini mudah ditanam dalam wadah yang diberi cukup air di lokasi yang cerah. Kangkung mudah berakar dari cara penanaman stek.

Kelompok Kultivar Kangkung


Ada dua jenis penanaman sayuran kangkung yang diusahakan: kering dan basah. Dalam porsi, sebagian besar bahan organik (kompos) dan air agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur. Dalam penanaman kering ditanam pada jarak 39 cm pada batas dan ditunjang dengan kayu sangga.

Dapat ditanam dari biji benih atau keratan akar. Kangkung sering ditanam pada semaian sebelum dipindahkan. Kangkung dapat dipanen setelah 6 minggu ditanam.

Jika ditanam basah, potongan batang sepanjang 40 cm ditanam dalam lumpur dan dibiarkan basah. Jika pucuk tanaman dipetik, cabang dari tepi daun akan tumbuh lagi dan dapat dipanen setiap 7-10 hari.

A. Budidaya terbagi dalam empat kelompok kultivar. Kangkung sawah adalah kelompok yang paling dikenal, tumbuh meliar di rawa-rawa dangkal dan persawahan yang terbengkalai.
B. Kangkung darat atau Kelompok Alba, yang pernah dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir. Namun nama ini sekarang dianggap tidak valid. Kangkung darat berdaun lebih ketat dan lebih adaptif pada lahan kering, sehingga dapat ditanam di kebun.
C. Kangkung berdaun ungu atau Kelompok Rubra. Kelompok ini daun dan bunganya memiliki warna ungu atau semu warna merah dan berdaun agak lebar tetapi juga adaptif pada lahan kering.
D. Kelompok terakhir adalah kangkung kering atau Dataran Tinggi, dikenal dalam bahasa Kanton sebagai hon ngung choi.

Bayam air atau Ipomoea aquatica terdaftar oleh USDA sebagai gulma berbahaya, terutama di negara bagian Florida, California, dan Hawaii, tempat ia dapat diamati tumbuh di alam liar. I. aquatica telah dibudidayakan secara luas di Texas selama lebih dari 30 tahun yang awalnya dibawa ke sana oleh imigran Asia.

Texas mencabut larangan budidaya untuk penggunaan pribadi tanpa batasan atau persyaratan, mencatat pentingnya sebagai sayuran, dan juga mulai mengizinkan penanaman untuk penjualan komersial dengan persyaratan suatu izin spesies eksotis.

Kangkung Dalam Masakan Asia


Kangkung adalah bahan umum dalam masakan Asia, Di Singapura, Indonesia, dan Malaysia, rebung bersama daun biasanya digoreng dengan cabai, bawang putih, jahe, pasta udang kering (belacan / terasi) dan rempah-rempah lainnya.

Di Malaysia, dimasak dengan sotong dan saus manis dan pedas. Juga dikenal sebagai eng chhai dalam dialek Hokkien, ia juga dapat direbus dengan sotong yang diawetkan, kemudian dibilas dan dicampur dengan pasta rojak pedas untuk menjadi jiu hu eng chhai.

Chhai eng rebus juga dapat disajikan dengan mie krill fermentasi belacan bihun dan mi udang.

Dalam masakan Indonesia, sayuran kangkung direbus bersama dengan sayuran lain yang membentuk bahan gado-gado atau salad pecel dalam saus kacang.

Di Thailand, tempat ini disebut phak bung (bahasa Thailand: ผักบุ้ง), kangkung dimakan mentah dan seringkali bersama dengan salad pepaya hijau atau nam phrik, dalam kentang goreng dan kari seperti kaeng som.

Kangkung biasanya dimasak sebagai makanan lezat dan pedas, makanan ini sering ditemukan di berbagai restoran di Indonesia, Malaysia dan bahkan Vietnam.

Sayuran ini termasuk makanan pilihan bagi banyak orang, selain rasanya yang enak, juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

baca juga manfaat buah cermai

Kangkung atau Bayam air, mentah
Nilai gizi per 100 g (3,5 ons)

  • Energi 79 kJ (19 kkal)
  • Karbohidrat 3,14 g
  • Serat makanan 2.1 g
  • Lemak 0,2 g
  • Protein 2.6 g
  • Vitamin Kuantitas% DV †
  • Vitamin A 39% 315 μg
  • Tiamin (B1) 3% 0,03 mg
  • Riboflavin (B2) 8% 0,1 mg
  • Niacin (B3) 6% 0,9 mg
  • Asam Pantotenat (B5) 3% 0,141 mg
  • Vitamin B6 7% 0,096 mg
  • Folat (B9) 14% 57 ug
  • Vitamin C 66% 55 mg
  • Mineral Kuantitas% DV †
  • Kalsium 8% 77 mg
  • Besi 13% 1,67 mg
  • Magnesium 20% 71 mg
  • Mangan 8% 0,16 mg
  • Fosfor 6% 39 mg
  • Kalium 7% 312 mg
  • Sodium 8% 113 mg
  • Seng 2% 0,18 mg

Unit
μg = mikrogram • mg = miligram
IU = Unit internasional
† Persentase diperkirakan secara kasar menggunakan rekomendasi AS untuk orang dewasa.
Sumber: Database Nutrisi USDA

Manfaat Kangkung


1. Mengatasi Insomnia

Kangkung sayuran sehat yang dapat mencegah insomnia. Mengandung unsur penenang bayam air ini bisa membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur nyenyak.

Ini disebabkan kandungan selenium dan seng yang terkandung di dalamnya bisa membuat saraf kendur dan rilek.

2. Cegah Sembelit

Sayuran kangkung ini memiliki sifat detoksifikasi, sehingga berguna untuk menghilangkan rasa sakit maag dan untuk perawatan kulit. Tanaman ini juga bisa meringankan sembelit karena mengandung kadar serat yang tinggi.

3. Mencegah Anemia.

Sayuran hijau adalah sumber zat besi. Sayuran kangkung ini menyediakan sekitar 2,5 mg zat besi per 100 gram, jadi bagus untuk meningkatkan hemoglobin dan mencegah anemia. Kangkung juga mengandung Iodium dan Seng yang Tinggi.

Yodium dan seng dalam setiap 1 ons dapat mencapai hingga 2,2 mil gram. Ini cukup potensial untuk menjadi metode alternatif untuk menyembuhkan Anemia.

Selain itu, ini juga dapat digunakan untuk menstabilkan darah hemoglobin sehingga Anda tidak merasa pusing atau lemah. Tekanan darah akan selalu normal dan stabil ketika memasukkan sayuran bayam air ini ke dalam menu harian.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Untuk menghindari sembelit, akan jauh lebih baik bagi Anda untuk mengonsumsi sayuran, salah satunya kangkung yang kaya serat dan vitamin.

Anda dapat memilih bayam jenis apa saja sebenarnya, tetapi tanaman ini memiliki lebih banyak vitamin dan serat yang sangat penting dan penting untuk memperlancar sistem pencernaan. Anda dapat memasukkan sayuran ini sebagai bagian dari menu harian.

Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa masakan yang terbuat dari bayam atau kangkung lebih baik tidak dihangatkan setelah 8 jam sejak dimasak, karena akan mengandung racun yang akan menginfeksi dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

5. Baik Untuk Rambut

Bayam air atau kangkung mengandung banyak vitamin B yang sangat bagus untuk rambut. Bagi Anda yang menderita rambut rontok, botak atau masalah rambut lainnya, mungkin sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak bayam air ke dalam menu harian.

Vitamin B akan bekerja secara efektif untuk memberi nutrisi rambut ke akar dan kesehatan kulit kepala.

6. Menyembuhkan Bekas Luka

Kandungan Vitamin C akan memberi nutrisi dan kesehatan kulit dengan meregenerasi sel-sel menjadi segar dan baru. Ketika Anda memiliki bekas luka atau kulit yang rusak, mengkonsumsi bayam air atau kangkung akan membantu mempercepat pemulihan.

Ini disebabkan oleh banyaknya vitamin C yang terkandung di dalam sayuran. Mengkonsumsi bayam air juga dapat membantu Anda menyembuhkan bekas luka atau akibat gigitan serangga.

7. Otak Sehat dan Meningkatkan Memori

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan manusia untuk menghafal sesuatu juga akan berkurang. Untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat yang kuat, Anda perlu mengonsumsi lebih banyak sayuran seperti bayam atau kangkung secara teratur.

Bayam memiliki banyak vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan otak, sehingga Anda tidak akan menderita demensia atau Alzheimer.

8. Meningkatkan Imunitas

Kangkung, Bayam Air, Ong Choy, kaya akan vitamin C, itu berarti manfaat kesehatannya sangat besar untuk kekebalan tubuh. Bayam air bisa menjadi pencegah influenza. Bahkan dikatakan, bahwa kandungan vitamin C dalam kangkung lebih banyak dari buah-buahan.

9. Pertahankan visi yang sehat

Bayam air juga sangat tinggi vitamin A, vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A adalah antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata.

Untuk menghindari gejala kerusakan mata, Anda harus mengonsumsi vitamin A dalam jumlah besar, termasuk vitamin A dalam Sayur kangkung.

10. Manfaat Kangkung Untuk Hati

Menurut penelitian, kangkung dapat mencegah kerusakan hati. Hal ini dikaitkan dengan efek senyawa kimia dalam bayam yang berkontribusi pada modulasi enzim detoksifikasi dan antioksidan serta efek radikal bebas.

Ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari bayam air atau kangkung yang harus Anda ketahui.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan