12 manfaat buah cermai

12 manfaat buah cermai

Buah cermai atau ceremai, adalah nama sejenis pohon dengan buahnya sekali. Buah asam ini juga dikenal dengan nama lain seperti, chermai (Mal.) Karmay (Ilokano, Fil.), Mayom (Thailand.) Dan lainnya.

Dalam bahasa Inggris itu disebut Otaheite gooseberry, gooseberry Melayu dan beberapa sebutan lainnya. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.

Buah di pohon. Semak atau pohon kecil dengan ketinggian hingga 9 m, bercabang rendah & renggang.

Daun tunggal, telur bundar dengan ujung runcing, panjang 2-7 cm, tersusun ranting seperti daun majemuk menyirip.

Buah Cermai


Bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, 4, disusun dalam malai hingga 12 cm.

Buah batu, bundar dengan 6-8 tulang rusuk, putih kekuningan seperti lilin, berdiameter 2,5 cm, tergantung sendiri atau dalam untaian. Daging keputihan, asam dan banyak air, di tengahnya ada inti keras dengan 4-6 biji.

Cermai pohon dengan buah. Buah cermai sering dimakan segar dicampur dengan gula, garam atau ditumbuk.

Cermai juga sering dibuat manisan, direbus (disiapkan) atau dibuatkan minuman yang menyegarkan. Daun muda digunakan sebagai salad.

Rebusan akar Cermai digunakan untuk meredakan asma dan mengobati penyakit kulit. Bahan penyamakan juga diproduksi dari kulit akar.

Pohon cermai sering ditanam sebagai peneduh atau untuk menghias halaman. Pohon ini dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis, lebih memilih daerah yang lembab hingga ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Cermai dapat dibudidayakan melalui biji atau stek.

Penyebaran Cermai


Cermai diperkirakan memiliki asal usul dari Madagaskar. Kini buah cermai telah menyebar ke berbagai wilayah tropis seperti di Asia Tenggara (Vietnam selatan, Laos, Indonesia dan Malaya bagian utara), kepulauan-kepulauan Mauritius, RĂ©union dan Rodrigues di Samudra Hindia, serta di Guam, Hawaii dan beberapa kepulauan lain di Samudra Pasifik.

Pada tahun 1793, tanaman ini dibawa ke Jamaika dari Timur, dan semenjak itu menyebar luas ke seluruh kepulauan Karibia, diikuti kemudian dengan masuknya ke Amerika Tengah dan Selatan.

baca juga manfaat sayuran lobak hijau

Manfaat Cermai


1. Membantu Konstipasi (Sembelit).

Dalam buah cermai ditemukan kadar serat yang tinggi, kebanyakan adalah jenis serat larut air yang memiliki daya dorong cukup kuat melancarkan BAB. Namun berlebihan dengan cermai muda akan menyebabkan masalah pada lambung dan usus.

2. Mengatasi Infeksi.

Buah cermai mengandung vitamin C dalam dosis tinggi yang bekerja melawan serangan bakteri dan virus, serta menstimulasi fungsi imunitas. Cermai juga memiliki asam laktat yang memiliki kemampuan anti bakteri.

Cermai juga bekerja sebagai astringent yang meredakan efek inflamasi. Tannin sendiri memiliki pengaruh baik pada kelenjar tiroid dan menstimulasi tubuh lebih peka terhadap serangan infeksi.

3. Mencerna Protein.

Buah cermai mengandung kadar enzim yang cukup baik untuk meningkatkan kinerja pencernaan. Salah satunya bekerja membantu proses pencernaan protein.

Protein yang sudah terproses dengan baik siap untuk diserap oleh liver untuk menjadi komponen asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Dan protein yang tersalurkan dengan baik dalam tubuh akan membantu mencegah terbentuknya cadangan lemak yang membungkus otot.

Protein juga penting dalam sejumlah proses regenerasi sel hingga untuk kinerja otak. Juga diperlukan dalam keseluruhan metabolisme tubuh.

4. Mengatasi Diare.

Buah cermai ini, sangat baik pada sistem pencernaan. Perannya dalam fungsi pencernaan dijelaskan mendalam dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science tahun 2011 bertajuk ‘Phytochemistry, traditional uses and cancer chemopreventive activity of Amla.

Kandungan serat gandanya beberapa merupakan serat tak larut. Disempurnakan dengan kandungan sejumlah enzim, mengonsumsi cermai matang akan membantu mengatasi keluhan diare dengan memadatkan kembali BAB yang terlalu cair.

Buah cermai juga memiliki sifat astringent yang membantu mengatasi rasa mulas dan panas pada perut saat diare.

5. Menyerap Kalsium.

Berkat kadar vitamin C yang tinggi disertai sejumlah enzim yang memiliki peran dalam penyerapan kalsium dan ditambah dengan kadar kalsium yang juga terdapat dalam cermai, buah ini juga baik untuk kesehatan tulang.

Ini dijelaskan dalam ulasan American Journal of Nutrition tahun 1982 bertajuk ‘Calcium bioavailability and absorption.

6. Sebagai Diuretik.

Buah cermai juga bisa bekerja sebagai elemen diuretik, yakni mendorong tubuh menarik lebih banyak cairan dan menghasilkan air kencing lebih banyak. Dan membantu membersihkan endapan yang tersisa pada ginjal.

Diuretik adalah terapi yang sehat untuk ginjal. Bahkan juga baik untuk membantu mempercepat pembuangan toksin, garam, asam urat, dan bakteri pada hati dan ginjal.

7. Memperbaiki Sistem Pencernaan.

Beberapa orang menjadi sangat kurus karena kondisi pencernaan mereka yang buruk, daya serap pencernaan yang tidak optimal dan kinerja enzim yang tidak efektif.

Dengan mengonsumsi buah cermai matang secara rutin, kinerja pencernaan akan distimulasi dan fungsi enzim akan membaik.

8. Diabetes.

Dalam buah cermai terkandung kromium, sejenis senyawa mineral yang berperan terhadap proses penyerapan glukosa dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin.

Buah cermai sudah banyak digunakan secara tradisional sebagai buah pilihan dalam menu diet pengidap diabetes di negara India.

9. Mencegah Serangan Jantung.

Kromium ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan pembuluh darah dan menjaga kelancaran sirkulasi darah.

Perannya sangat baik mencegah penimbunan kolesterol dalam darah, sehingga juga baik untuk mencegah arterosklerosis dan masalah pada kesehatan jantung.

Ini karena kromium bekerja meningkatkan efek beta blocker, yang bekerja mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Hasil Riset membuktikan bahwa buah cermai atau amla ini juga dikenal memiliki kemampuan menguatkan otot jantung.

Besar kemungkinan karena kemampuannya dalam meningkatkan daya serap protein yang menjadi salah satu komponen otot, termasuk otot jantung.

10. Perawatan Rambut.

Dalam sejumlah riset lokal di India, ditemukan buah cermai disana bisa dimanfaatkan sebagai tanaman perawatan rambut.

Minyak sari amla digunakan sebagai pengobatan rambut rontok dan masalah kerusakan rambut.

Kemampuannya dalam melancarkan aliran darah juga bekerja pada sirkulasi darah menuju rambut sehingga akar rambut tersuplai nutrisi dan oksigen mencukupi.

11. Baik Untuk Diet.

Kadar kalori dalam buah cermai terbilang rendah, menurut sumber Nutrition-and-you.com, kadar kalorinya hanya sekitar 44 kalori untuk 100 gram.

Namun nutrisi nya cukup tinggi ditambah kemampuannya meningkatkan daya serap protein.

12. Untuk Pencegahan Penyakit Kanker.

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah cermai cukup tinggi, dengan jenis yang cukup beragam. Buah ini juga masuk dalam buah anti kanker.

Penelitian soal manfaat buah cermai sebagai anti kanker masih terbatas. Saat ini beberapa pakar mencoba meriset adanya kemungkinan kandungan B17 dalam biji cermai yang memiliki kemampuan relatif kuat melawan kanker.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan