Manfaat Lobak hijau dan daun

Manfaat Lobak hijau dan daun

Lobak hijau adalah lobak varietas raphanus sativus dan anggota keluarga brassicaceae atau cruciferae bersama dengan arugula dan brokoli. Seluruh tanaman dapat dimakan, termasuk akar & daun. Lobak hijau sama dengan lobak atau lobak biasa, tetapi berwarna hijau.

Seringkali, dalam bahasa Cina disebut "wortel hijau". (juga disebut Lobak Cina, Lobak Jepang, atau Wortel Hijau) dalam bahasa Cina: 青 蘿蔔 (qíng luó bo)

Di sisi lain, lobak hijau kaya akan nutrisi, vitamin, dan serat. Berair dan manis. Umumnya, orang suka menggunakan lobak hijau untuk membuat sup, kimchi, atau hanya memakannya segar.

Tidak hanya lobak hijau yang rendah kalori, tetapi juga membantu meningkatkan imunitas, mencegah kanker, dan menstabilkan tekanan darah.

Deskripsi Lobak Hijau Atau Radish Greens


Lobak hijau atau Radish Greens adalah akar sayuran besar yang bisa dimakan, yang panjangnya bisa antara 6 - 14 inci.
Ia memiliki kulit luar yang tipis dengan daging hijau keras yang terasa lembut di dalamnya.
Lobak hijau dapat disimpan selama beberapa minggu jika disimpan di tempat yang kering dan sejuk

Lobak hijau adalah tanaman asli negara Cina. Kulit luarnya di dekat ujung batang atas memiliki warna hijau-daun yang secara bertahap berubah menjadi warna putih di dekat ujung bawah. Di dalam, dagingnya memiliki warna hijau giok yang indah, rasa manis dan kurang tajam

Lobak, seperti sayuran silangan dan Brassica lainnya, mengandung senyawa antioksidan isothiocyanate yang disebut sulforaphane.

Studi menunjukkan bahwa sulforaphane telah terbukti berperan melawan kanker prostat, payudara, usus besar dan ovarium oleh penghambatan pertumbuhan sel kanker, dan efek sitotoksik pada sel kanker.

Akar segar adalah sumber vitamin C yang baik dan memberikan sekitar 15 mg atau 25% DRI vitamin C per 100 g.

Vitamin-C adalah antioksidan yang larut dalam air yang dibutuhkan oleh tubuh untuk sintesis kolagen. Ini membantu tubuh manusia mencari radikal bebas berbahaya, pencegahan kanker, peradangan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat dan Penggunaan Lobak Hijau


Sup wortel lobak hijau adalah sup yang sangat umum di kalangan keluarga Cina, terutama di Hong Kong dan Cina. Sup lobak ini sangat sederhana dan mudah dibuat.

Dalam sudut pandang praktik pengobatan Tiongkok, setiap sup Cina memiliki fungsi dan manfaatnya untuk kesehatan pada tubuh manusia.

Sup lobak hijau dikenal mengurangi panas internal untuk menyeimbangkan qi (氣), aliran udara atau energi di dalam tubuh. Lobak hijau dan wortel kaya akan vitamin dan serat.

Sup wortel lobak ini baik untuk menyehatkan kulit, memperkuat limpa dan membantu pencernaan. Namun, jika perut Anda lemah atau diare jangan minum sup ini sesering mungkin.

Lobak hijau adalah bahan makanan umum dalam masakan Asia. Mereka dapat digunakan dalam sup dan semur. Saat dimasak, lobak hijau menghasilkan rasa yang sedikit berbeda.

Lobak hijau kaya serat dan rendah lemak dan kalori. Lobak hijau dikatakan bisa membantu pencernaan.

Nutrisi Hijau lobak


Lobak hijau mengandung kadar folat, vitamin B-6, riboflavin, tiamin dan mineral yang memadai seperti zat besi, magnesium, tembaga, dan kalsium.

Lobak hijau mengandung banyak phytochemical seperti indole yang merupakan agen detoksifikasi dan zeaxanthin, lutein, dan beta-karoten, yang merupakan antioksidan flavonoid. Total kekuatan antioksidan mereka, diukur berdasarkan kapasitas penyerapan radikal oksigen (nilai ORAC), adalah 1736 μmol TE / 100 g.

Lobak hijau adalah sumber vitamin C yang sangat baik, dengan sebanyak 6 kali lebih banyak per porsi daripada lobak itu sendiri. Anda juga akan mendapatkan vitamin B6, magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, dan vitamin A. konsentrasi tinggi.

Ada juga beberapa antioksidan unik dalam lobak hijau, seperti indoles sulforaphane, serta potasium dan asam folat. Ada juga serat makanan dan protein dalam sayuran ini.

Sayuran lobak, kaya akan vitamin C, vitamin B6, magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, dan vitamin A, membantu dalam perawatan kulit, menurunkan kadar kolesterol, dan mengatur pencernaan.

Satu cangkir lobak rebus tumbuk yang direbus mengandung 51 kalori dan menyediakan 76 miligram kalsium, 21 miligram magnesium, dan 407 miligram kalium. Ukuran porsi yang sama juga menyediakan 26 miligram vitamin C.

Satu porsi lobak hijau mentah menyediakan 104 miligram kalsium, atau 13 persen dari kebutuhan harian Anda, dan 163 miligram kalium.

Hijau lobak juga merupakan sumber vitamin C yang baik, dengan 33 miligram per cangkir, vitamin A, dengan 6.373 Unit Internasional, atau IU, per cangkir sekitar 64 persen dari kebutuhan harian Anda dan vitamin K, dengan 318 IU per cangkir sekitar tiga kali lipat kebutuhan dewasa setiap hari.

Meskipun lobak dianggap sebagai sayuran bertepung, ia hanya mengandung sepertiga kalori dalam kentang.

Cara Memasak Lobak Hijau


  • 1. Kupas kulit wortel dan potong-potong
  • 2. Lalu, kupas kulit lobak hijau dan potong-potong.
  • 3. Cuci dan bilas tulang sapi (Beberapa orang suka merebusnya dalam air panas untuk menghilangkan darah dan lemak.)
  • 4. Masukkan semua bahan tulang sapi, wortel, lobak hijau ke dalam panci dan tambahkan 10 gelas air. Tambahkan garam sesuai selera Anda. Selanjutnya, nyalakan api ke atas dan biarkan masak sampai air mendidih. Nyalakan api menjadi sedang-kecil dan didihkan selama 1,5 jam. Setelah matang, tuangkan ke dalam wadah, diamkan beberapa saat, dan sup siap dimakan.

baca juga manfaat buah mengkudu

Manfaat lobak hijau


1. Kesehatan Pencernaan

Lobak hijau kaya serat yang membantu mendukung sistem pencernaan pada tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa glukosinolat juga dapat membantu perut memproses bakteri seperti Helicobacter pylori. Untuk itu konsumsilah lobak hijau untuk melancarkan sistem pencernaan anda.

2. Mencegah Kanker

Lobak hijau adalah sayuran silangan. Mereka mengandung antioksidan dan fitonutrien tingkat tinggi yang terkait dengan pengurangan resiko penyakit kanker. Tingkat glukosinolat dalam lobak hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Para peneliti menunjukkan bahwa senyawa tanaman seperti glukosinolat membantu hati memproses racun, melawan efek karsinogen dan bahkan dapat menghambat pertumbuhan penyakit tumor.

3. Anti-Peradangan

Lobak hijau adalah sumber hebat dari dua agen anti-inflamasi yang sangat baik, yaitu vitamin K dan asam lemak omega-3. Vitamin K adalah pengatur ampuh dari sistem respon peradangan pada tubuh.

Penelitian menunjukkan asam lemak omega-3 adalah blok bangunan penting dari sistem peradangan tubuh dan membantu mengurangi resiko penyakit jantung, radang sendi dan penyakit lain yang mungkin merupakan hasil dari peradangan kronis.

4. Perawatan kulit

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa lobak hijau memiliki kapasitas antioksidan yang cukup tinggi, yang berarti sayuran ini dapat melawan stres oksidatif dan penyakit kronis dalam tubuh.

Memiliki cukup antioksidan dalam menu harian akan membantu menjaga kulit tampak muda, menenangkan kondisi peradangan, dan bahkan mengurangi munculnya noda dan bekas luka pada kulit.

Manfaat Daun Lobak Hijau


Sementara banyak orang membuang sayuran lobak, daun lobak sebenarnya bisa menjadi salah satu bagian terbaik dari sayuran akar ini. Meskipun daun bukan salah satu sayuran hijau berdaun klasik, mereka dikemas dengan nutrisi penting dan dapat membantu mengisi makanan sehat.

Daun hijau di atas sayuran akar (lobak itu sendiri). Dikenal secara ilmiah sebagai Raphanus raphanistrum subsp. Sativus, lobak adalah sayuran yang sangat populer di dunia.

Bagian tanaman yang berbeda, termasuk biji, kecambah, dan daun, dapat digunakan baik dalam masakan kuliner maupun perawatan medis tradisional. Di beberapa bagian dunia, lobak sebenarnya dibudidayakan khusus untuk daunnya, karena daun terus tumbuh, sementara akar juga berkembang.

Sayuran atau daun lobak ini memiliki rasa pedas, tanah, membuatnya menjadi tambahan yang menarik untuk salad apa pun dan juga dapat ditambahkan ke sandwich atau bahkan direbus dan diasinkan untuk lauk yang enak.

Daun ini mengandung konsentrasi nutrisi tertentu yang jauh lebih tinggi daripada lobak itu sendiri, jadi jika Anda adalah salah satu dari banyak orang yang hanya memasak lobak, ubah cara Anda dan tambahkan makanan baru yang bergizi ini ke dalam makanan Anda.

1. Bantu Pencernaan

Ada banyak serat makanan yang ditemukan di lobak hijau, artinya sayuran ini dapat membantu menjaga usus tetap teratur.

Dengan menghilangkan gejala sembelit dan merangsang gerakan peristaltik, daun lobak dapat mencegah sejumlah masalah pencernaan, meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi, dan bahkan memperkuat respon imun usus.

2. Turunkan Kolesterol

Tingginya kadar kalium, zat besi, vitamin C, dan serat makanan yang ditemukan dalam lobak hijau dapat membantu memperkuat jantung dalam banyak hal, dari menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi hingga penyembuhan dan perbaikan pembuluh darah pada arteri yang rusak.

Dengan menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan, Anda juga mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

3. Tingkatkan Kekebalan

Sayuran lobak memiliki jauh lebih banyak vitamin C per porsi. Daun ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan sistem kesehatan kekebalan tubuh, menjaga tubuh bebas dari infeksi dan agen asing lainnya.

4. Tingkatkan Kesehatan Hati

Sayuran lobak dikenal untuk mendetoksifikasi tubuh dengan merangsang buang air kecil dan meningkatkan fungsi hati. Dengan membantu tubuh lebih efektif menyaring racun dari darah, daun ini selanjutnya akan menghilangkan stres yang tidak perlu pada sistem kekebalan tubuh.

5. Mengatur Gula Darah

Salah satu bagian terbaik dari diet tinggi serat adalah dampaknya terhadap kadar gula darah. Serat mampu mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh.

6. Penurunan Berat Badan

Daun lobak hijau rendah kalori, tetapi tinggi serat dan kaya nutrisi. Ini berarti bahwa sayuran hijau ini akan membantu Anda merasa kenyang, sehingga mengurangi kecenderungan untuk ngemil. Faktanya, memakan seluruh daun-daun ini tidak akan mengurangi asupan kalori Anda.

7. Tinggi Antioksidan

Lobak menawarkan beragam dukungan antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin E, mangan, dan beta-karoten. Meskipun akarnya adalah sumber vitamin C yang baik, daun hijau mengandung semua antioksidan ini.

Daun lobak hijau juga menawarkan dukungan fitonutrien kompleks, yang membantu merangsang aktivitas antioksidan dan meningkatkan hasil positif memerangi aktivitas radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA pada sel.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah