10 manfaat sayuran kailan

10 manfaat sayuran kailan

Kailan atau Gai lan (Brassica oleracea var. Alboglabra) adalah nama sayuran untuk jenis kangkung Cina atau brokoli Cina. Untuk nama mandarinnya adalah jie lan.

Ini adalah sayuran dengan daun yang agak tebal, rata, daun biru kehijau-hijauan dengan batang tebal, kepala bunga mirip dengan brokoli atau kultivar Brassica oleracea lain, tetapi kailan termasuk dalam kelompok alboglabra (dari albus Latin) putih dan glabrus tidak berambut ).

Untuk rasa mirip dengan brokoli, tetapi sedikit lebih pahit. gai lan adalah varietas unik dari spesies tanaman yang sama seperti brokoli, kol & kembang kol.

Pertumbuhan Tanaman Kailan


Tumbuh iklim beriklim sedang, mediterania atau subtropis, tanah yang subur dengan pengairan yang baik, ukuran tanaman 5 hingga 30 cm, batang agak tebal dengan diameter 2 cm dan panjang 15 hingga 20 cm, ukuran daun bulat bergelombang, Warna daun rata, mengkilap, biru ke hijau, daun berwarna biru kehijauan dengan batang yang renyah dan tebal, bunga putih, rasa dan aroma lebih pahit dari sayuran brokoli.

Kailan dapat ditanam di akhir musim panas untuk panen awal musim dingin. Bibit yang ditanam di musim gugur akan bertahan sepanjang musim dingin, benih yang ditanam pada awal musim gugur akan terus tumbuh sepanjang musim dingin.

Seperti tanaman lainnya, sayuran ini harus dipanen dan dikonsumsi sebelum bunga mekar, karena batangnya dapat menjadi keras ketika tanaman tumbuh dengan cepat.

Sayuran ini beradaptasi dengan baik untuk iklim dingin dan panas dan ditanam sepanjang tahun. Setelah pemotongan pertama batang utama, tanaman akan menumbuhkan banyak cabang untuk panen berikutnya.

Untuk panen, ujung pucuk setebal jari dipotong dari tanaman, seperti rapini atau brokoli raab, tepat sebelum bunga siap untuk mekar. Tanaman ini tumbuh cepat dan akan menghasilkan batang yang dapat dimakan hanya dalam waktu enam hingga delapan minggu.

Untuk menanam kailan, pilih tempat yang menerima sinar matahari penuh dan beri setiap tanaman banyak ruang untuk tumbuh degan baik. Tanaman akan terus membentuk tunas baru yang dapat dimakan sampai cuaca hangat, terus panen sayuran ini secara teratur untuk produksi maksimal.

Penggunaan Sayuran Kailan


Kailan dimakan secara luas dalam masakan cina dan asia tenggara, persiapan umum termasuk dengan cara di tumis dengan jahe dan bawang putih, direbus atau dikukus dan disajikan dengan saus tiram. Ini juga umum dalam masakan Thailand, Vietnam dan Burma.

Berdasarkan penelitian, Kai Lan adalah sayuran yang memiliki kadar nutrisi tinggi. Karena Kai Lan mengandung banyak nutrisi penting seperti beta karoten, vitamin k, vitamin c, lutein, vitamin A, vitamin C, zat besi dll. Karena itu, Kai Lan dapat dilakukan sebagai antioksidan alami dan anti inflamasi bagi tubuh manusia.

Sayuran ini juga menyediakan kalsium (pembangun tulang) dan kalium (yang membantu mengatur kontraksi otot, detak jantung, dan tekanan darah).

Kai Lan adalah sayuran yang mengandung vitamin C lebih tinggi dari buah jeruk. Ini dapat memberikan 134% nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia, sedangkan kontribusi buah jeruk hanya sekitar 113%.

Selain itu, KaiLan juga dapat menyediakan vitamin A lebih tinggi dari sayuran hijau lainnya.
Ini mengandung nutrisi per 100 gr dari kailan, seperti:

Energi: 117 kj, air: 91,2 gr, karbohidrat: 5,63 gr, gula: 1,25 gr, protein: 2,8 gr, lemak: 0,4 gr, serat: 2 gr, Vitamin A: 681 ug, Beta karotin: 8173, Luthein: 18246 ug, Tiamin: 0,053 mg, Riboflavin: 0,07 mg, Niasin: 0,5 mg, Vitamin B6: 0,138 mg, Folic: 13 ug, Kolin: 0,4 mg, Vitamin C: 41 mg, Vitamin E: 0,85 mg, Vitamin K: 817 ug, Kalsium: 72 mg, Kalium: 228 mg, Sodium: 23 mg, Magnesium: 18 mg, Zat Besi: 0,9 mg, Seng: 0,24 mg, Selenium: 0,88 mcg, Tembaga: 0,11 mg dan Mangaan: 0,416 mg.

Memasak Sayuran Kailan


Kailan dengan Saus Tiram adalah hidangan umum yang akan Anda temukan di banyak rumah makan atau restoran Cina.
Brokoli Cina sebagian besar digunakan dalam masakan Cina.
Brokoli Cina diaduk dengan bawang putih dan jahe atau direbus dan dikukus kemudian disajikan dengan saus tiram.
Ini biasa digunakan dalam masakan Vietnam, Thailand dan Myanmar.
Ini bisa digunakan dengan cara di tumis.
Cobalah sajikan kailan sebagai lauk dengan sedikit saus tiram.
Kailan digunakan untuk meningkatkan cita rasa pada mie, sup, dan tumis kentang goreng.
Kuncup bunga yang belum dibuka, tangkai bunga, dan daun yang lembut dapat digunakan dengan cara di cincang atau utuh.
Itu bisa ditumis, dikukus, direbus, dipanggang dan juga digoreng.
Ini bisa digunakan sebagai bahan pasta, atau untuk hidangan pembuka.
Sayuran ini cocok dengan minyak zaitun, mentega, cuka ringan, jeruk nipis, tomat, lemon, bawang putih, cabai, dan daging.

Carilah sayuran yang berwarna hijau pekat atau bunga kuning, karena ini merupakan indikasi bahwa mereka sudah agak tua atau terlalu lama di lantai supermarket. Rendam sayuran dalam air dingin beberapa kali untuk menghilangkan pasir atau debu yang mungkin berada di sela-sela daun.

Cara Memasak Kailan, siapkan bahan bahan dibawah ini:


  • Cara yang pertama

Siapkan daging bebek.
2 sendok makan kecap asin.
2 sendok makan anggur masakan Cina (atau sherry).
2 sendok makan jahe segar (diparut).
1 sendok makan saus tiram.
1 sendok makan gula merah.
2 siung bawang putih ditumbuk.
1/4 sendok teh minyak wijen.
2 dada bebek (kulit di atas, diiris tebal).
1 sendok makan minyak kacang.
1/2 pon brokoli Cina atau kailan dipangkas, dibilas, dipotong empat.
dan terakhir nasi putih untuk disajikan.

Petunjuk arah cara memasak diatas:
Untuk bumbunya, aduk kecap, jahe, gula, anggur, saus tiram, bawang putih, dan minyak wijen. Tempatkan bebek di rendaman. Tutup dan dinginkan 1 jam.

Panaskan minyak kacang dalam wajan di atas api besar. Tiriskan bebek, sisakan rendaman. Masak dalam 2 kelompok, masing-masing 3-5 menit, hingga berwarna keemasan dan garing. Angkat dari wajan dan tiriskan.

Tambahkan kailan ke wajan dan tumis 1 menit di atas api besar. Kembalikan bebek ke dalam wajan dan tambahkan rendaman khusus. Tumis 1 menit, sampai dihangatkan. Sajikan dengan nasi putih.

Nutrisi masakan yang dihasilkan sebagai berikut:
Kalori 70 Kalori dari Fat 35 % nilai harian.
Total Fat 4.5 g 7%, Lemak jenuh 0,5g 3%, Lemak trans, Kolesterol, Sodium 580 mg 24%, Potassium 190 mg 5%, Protein 1g2%, Total Karbohidrat 7g2%, Serat Makanan 2g8%, Gula 3g6%, Vitamin A 20%, Vitamin C 25%, Kalsium 6% dan Besi 4%.
Nilai Persen Harian didasarkan pada diet 2.000 kalori. Nilai Harian mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.

  • Cara memasak 2

1 pon gai lan ( brokoli Cina, 450 g)
2 sendok makan minyak sayur
1 1/2 inci jahe (dikupas dan dipotong menjadi irisan tipis, 45g)
2 siung bawang putih (di iris tipis)
4 ons jamur
2 sendok makan kecap asin
1 sendok teh minyak wijen.
1 sendok makan anggur (Shao Hsing)
1 sendok teh tepung jagung (dicampur dengan 2 sdm air).

  • Cara memasak 3

8 batang kailan
1/4 cangkir anggur beras
2 siung bawang putih
3 sendok makan tamari
serpihan paprika merah
garam.

baca juga manfaat jagung

Manfaat Kailan


1. Memerangi Kanker

Semua sayuran Brassica yang umum mengandung setidaknya beberapa glukosinolat. Sementara senyawa ini sendiri memiliki aktivitas terbatas dalam tubuh manusia, mereka dapat dikonversi menjadi minyak mustard yang sangat aktif yang disebut isothiocyanate (ITCs).

Dalam studi laboratorium, minyak mustard ini telah ditemukan untuk menginduksi enzim Tahap II, enzim detoksifikasi yang memfasilitasi penghapusan karsinogen dari tubuh manusia, dan untuk merangsang apoptosis atau (penghancuran diri) dalam sel kanker.

Meskipun kailan tidak menyediakan isothiocyanate sebanyak sayuran yang rasanya lebih kuat (seperti kubis, brokoli atau sawi Cina) kailan masih merupakan sumber yang cukup baik untuk senyawa penangkal penyakit kanker ini.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan tahun 1998, kailan menyediakan isothiocyanate tiga kali lebih banyak daripada bok choy, dan yang secara signifikan lebih banyak isothiocyanate daripada kubis berbunga Cina (choy sum) atau kembang kol.

Menurut para ilmuwan, Kai Lan adalah sumber fitonutrien yang sangat penting bagi tubuh kita. Belerang dan vitamin K dalam Kai Lan dapat memberikan efek positif untuk mengurangi risiko kanker seperti kanker payudara. Sistemnya mengontrol estrogen dalam tubuh.

Itu dibuktikan oleh para ilmuwan bahwa antioksidan dan antiinflamasi sayuran ini dapat membantu menyerang kanker dengan memicu enzim dalam tubuh. Banyak ilmuwan yang merekomendasikan kailan sebagai salah satu sayuran anti penyakit kanker.

2. Manfaat Kailan Untuk Sistem Kardiovaskular

Sayuran ini dikemas dengan vitamin K, menurut data fakta nutrisi USDA, satu ons gai-lan yang dimasak menyediakan hampir sepertiga dari Nilai Harian untuk vitamin K.

Studi ilmiah terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K dapat menawarkan manfaat kardiovaskular yang signifikan, karena kemampuan vitamin yang kuat ini untuk mengarahkan kalsium ke jaringan tulang daripada arteri.

Vitamin K bukanlah satu-satunya vitamin kardioprotektif yang ditemukan dalam sayuran ini, varietas ini juga menyediakan sangat banyak vitamin C.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine pada Januari 2009 menemukan bahwa pada peserta penelitian dengan peningkatan Kadar CRP, suplementasi dengan vitamin C mengurangi rata-rata CRP sebesar 25%. Tingkat CRP yang tinggi (kadar protein C-reaktif plasma) dianggap sebagai salah satu prediktor terbaik penyakit kardiovaskular.

3. Manfaat kesehatan Untuk Mata.

Sayuran ini adalah Sumber Karotenoid yang Baik, Sama seperti brokoli biasa, gai-lan sarat dengan karoten (pra-kursor vitamin A). Vitamin A dan Karotenoid memainkan beberapa peran penting dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association pada November tahun 1994 melaporkan bahwa peserta studi yang berada di kuintil tertinggi asupan karotenoid memiliki risiko 43% lebih rendah terkena degenerasi makula yang terkait usia pada mata. Karotenoid juga telah terbukti membantu mencegah penyakit katarak, retinitis pigmentosa dan gangguan penglihatan malam hari.

4. Kurangi Kolesterol

Sayuran ini tidak hanya untuk mencegah penyakit kanker, tetapi masih banyak manfaat kesehatan dari sayuran Kailan seperti membantu mengurangi kadar kolesterol dan menghindari penyakit jantung. Hal ini karena Kai Lan memiliki serat yang cukup tinggi. Serat ini akan membantu membersihkan usus besar dan mengurangi kolesterol.

5. Baik Untuk Wanita Hamil

Ada banyak nutrisi alami seperti kalsium dan seng pada sayuran ini. Kailan sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui. Karena sayuran ini dapat membantu pertumbuhan janin di dalam rahim dan meningkatkan produksi ASI.

6. Bantuan Untuk Menurunkan Berat Badan

Serat alami dalam sayuran kailan dapat membantu melengkapi serat yang diperlukan bagi tubuh manusia. Serat ini akan membuat kita kenyang untuk waktu yang lama dan dapat mempercepat pemrosesan kalsium. Dan akhirnya, itu bisa membantu menurunkan berat badan.

7. Merawat Otak

Manfaat kesehatan lain dari Kailan adalah sumber jenis asam omega3 di mana seperti yang kita tahu, asam Omega3 sangat baik untuk membantu kita menjaga kesehatan otak manusia. Selain itu, Vitamin K dalam sayuran ini juga dapat membantu kita mengurangi risiko gangguan otak seperti Alzheimer.

8. Hindari Anemia

Seng adalah senyawa penting dalam kesehatan tubuh manusia, seng membantu produksi hemoglobin dan enzim yang dapat mengurangi risiko penyakit anemia, mengirim oksigen ke seluruh bagian tubuh, membantu fungsi jantung, meregenerasi sel dan banyak lagi fungsi lainnya.

9. Mencegah pembekuan darah

Vitamin K yang terkandung dalam sayuran kailan dapat membantu kita mencegah pembekuan darah (koagulasi). Namun yang perlu diperhatikan adalah overdosis atau kelebihan vitamin K akan memberikan efek buruk bagi beberapa orang. Orang yang mengonsumsi anticougulan harus menghindari sayuran ini, karena Kai Lan dapat mengganggu kerjanya.

10. Membantu Merawat Kesehatan Kulit

Kai Lan dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sayuran ini memiliki antioksidan alami seperti vitamin E dan vitamin C. Ini mengandung peran sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mendukung produksi kolagen untuk menghindari keriput.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan