10 manfaat jahe merah untuk kesehatan

10 manfaat jahe merah untuk kesehatan

Jahe merah yang dalam bahasa Latin disebut "Zingiber officinale Linn Var.Rubrum" ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Jahe Merah memiliki Manfaat khusus untuk masalah wanita untuk mengobati kanker payudara & kanker serviks.

Baru baru ini jahe merah dikait kaitkan dengan virus corona, menurut informasi yang berkembang, jahe merah dapat menangkal atau menyembuhkan dari virus corona, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Ini tidak hanya berguna kompilasi kebutuhan tubuh di musim dingin, tetapi juga bermanfaat sebagai bahan baku ramuan esensial dalam pengobatan tradisional.

Jahe merah atau Alpinia purpurata, juga disebut jahe kerucut merah muda, adalah tanaman dengan bunga panjang berwarna merah cerah. Mereka terlihat seperti mekar, tetapi bunga yang sebenarnya adalah bunga putih kecil di atas.

Penyebaran


Jahe Merah diyakini berasal dari negara India, cina dan juga Asia tenggara, dapat tumbuh di Hawaii, Trinidad, Grenada, Panama, Dominika, Jamaika, Puerto Riko, Suriname (di mana nama Belandanya adalah bokkepoot) dan lebih banyak lagi Negara-negara Amerika Tengah dan kini telah menyebar ke penjuru dunia.

Jahe merah juga dapat ditanam di Florida Selatan, karena secara umum wilayah ini tidak jatuh di bawah suhu beku

Ini lebih suka teduh parsial dan kondisi lembab, sementara dapat mentolerir sinar matahari penuh di beberapa iklim. Tanaman ini suka disiram dengan baik dan tidak dibiarkan kering.

Jahe merah juga dapat ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman ini cenderung menyebar.

Bahan Kimia Yang Terkandung


Jahe adalah salah satu tanaman herbal paling terkenal di masyarakat. Jahe memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah jahe merah. Jahe adalah yang paling umum digunakan untuk obat herbal, karena memiliki aroma tajam dan juga mengandung minyak esensial yang lebih banyak dari jahe biasa.

Selain minyak esensial, Manfaat kesehatan dari jahe merah juga mengandung beberapa komposisi kimia seperti di bawah ini:

  • Gingerol, Zingerone, Shogaol, Minyak Dammar, Pati, Asam Organik, Asam malat, Asam, Gingerin, Zingerberin, Kamfena, Lemoine, Zingiberin, Zingiberal.

Gingerol adalah komponen aktif dari jahe dan telah terbukti menghambat agregasi trombosit dan mencegah pelepasan ADP dengan menghambat aktivitas COX-1 yang bergantung pada dosis.107 Sebenarnya, gingerol lebih kuat untuk aspirin dalam pergantian agregat trombosit, dan juga menunjukkan aktivitas antiulcer.

Zingerone, juga disebut vanillylacetone, melibatkan beberapa orang sebagai komponen kunci dari kepedasan jahe, tetapi menanamkan rasa "manis" dari jahe yang dikumpulkan. Zingerone adalah padatan kristal yang larut dalam air dan larut dalam eter. Ketika disintesis dan dicicipi tidak memiliki kepedasan, zingerone merupakan produk penguraian, dari sumber langsung, kepedasan jahe.

Zingerone memiliki struktur kimia yang mirip dengan bahan kimia rasa lain seperti vanillin dan eugenol. Ini digunakan sebagai aditif rasa dalam minyak rempah-rempah dan dalam wewangian untuk kombinasi aroma pedas.

Shogaol adalah konstituen pedas dari jahe yang serupa dengan struktur kimianya dengan gingerol. Kelompok yang paling umum adalah shogaol. Seperti disetujui zingerone, zingerone dipersiapkan jahe dikeringkan atau disiapkan.

Selain itu, shogaol (dan gingerol) dirancang menjadi konstituen yang lain, kompilasi panas yang diterapkan dari waktu ke waktu, yang dipertanyakan terkait dengan jahe tergantung kepedasannya saat dibuat.

Shogaol diberi peringkat 160.000 SHU pada skala Scoville. Jika dibandingkan dengan kontes pedas lainnya, pilih moderat lebih dari pedas dari piperin, tetapi kurang dari capsaicin.

Untuk Mengobati Penyakit Kanker


Orang membantu mengobati kanker dengan menggunakan teknologi kemoterapi. Menggunakan kemoterapi tidak hanya mahal yang tinggi, tetapi juga sangat sulit, tidak jarang mereka menggunakan kemoterapi semakin lama, mendorong, rambut rontok dan kerusakan pada organ internal lainnya.

Kemoterapi menggantikan sel-sel kanker dalam tubuh, tetapi pada saat itu, sel-sel tubuh juga rusak dan mati karena efek kemoterapi. Karena berbagai alasan, banyak pasien menyerah dan berhenti dari proses terapi. Namun, ada juga pasien yang beralih menggunakan obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit dan sembuh.

Banyak bahan herbal dapat digunakan untuk membunuh kanker, seperti daun buah sirsak. Selain daun buah sirsak, temulawak merah dll. Dengan menggunakan bahan tradisional ini kanker serviks dan kanker payudara dapat disembuhkan kembali.

Dalam ekstrak jahe merah mengandung etanol sebagai anti kanker payudara, sedangkan cabai jawa mengandung kanker anti serviks.

Jadi mencampur kedua bahan ini sangat baik untuk membunuh kedua jenis kanker pada wanita. Kedua bahan alami ini tidak hanya mencegah tetapi juga berfungsi sebagai chemopreventive sehingga dapat melawan pertumbuhan kanker.

Lantas bagaimana cara mengolah produk alami yang bisa dinikmati sebagai minuman?. Salah satu cara mengolah bahan ini menjadi minuman wedang jahe.

Cara Membuat Ramuan


Untuk membuat satu cangkir wedang jahe, dibutuhkan tiga cangkir air mendidih, 5 potong cabe jawa, 2 ruas jahe merah, 5 butir kemukus, 5 butir kapulaga kering, 5 butir biji kapulaga, 5 batang cengkeh, batang sereh (hanya putih), kayu manis, 1 sendok makan serutan kayu, dan gula batu atau madu untuk pemanis.

Pastikan semua bahan sudah dalam kondisi bersih. Masukkan semua bahan ke dalam panci, kecuali gula batu dan secangkir serutan kayu, lalu rebus.

Akan lebih baik jika proses perebusan menggunakan pot dari tanah liat, tapi jika Anda menggunakan panci logam, proses perebusan dengan menggunakan panas rendah. Ini berguna untuk mencegah panas berlebih yang bisa merusak kombinasi dalam ramuan.

Saat air mendidih, letakkan cangkir serutan kayu. Rebus sampai air surut dan tersisa sekitar satu gelas. Air rebusan tersebut kemudian dituangkan ke dalam cangkir dan disajikan dengan menambahkan gula batu yang memiliki rasa manis.

Manfaat kesehatan jahe merah untuk pengobatan kanker dapat diperoleh dengan minum secangkir teh wedang jahe. Waktu terbaik untuk menikmati minuman ini enak malam hari.

Karena jahe merah mengandung banyak komposisi aktif, jahe merah memiliki banyak manfaat termasuk yang berikut:

Baca juga manfaat buah mangga manalagi

Manfaat Jahe Merah


1. Untuk menurunkan berat badan

Jahe merah dapat digunakan untuk menurunkan berat badan seseorang karena kehangatan yang ditimbulkan oleh jahe. Tidak hanya itu, jahe merah juga mengandung sedikit kalori sehingga tidak bisa menyebabkan berat badan.

2. Jantung yang sehat

Jahe merah juga bisa membuat jantung menjadi sehat, karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga trigliserida dalam tubuh. Karena kolesterol dan trigliserida tinggi dapat membahayakan kesehatan jantung.

3. Mengatasi mabuk perjalanan

Jahe merah memiliki sifat anti mual. Karena itu, rimpang jahe dapat mengatasi mual saat bepergian jauh. Selain itu, perasaan hangat yang ditimbulkan oleh jahe dapat membuat perut menjadi lebih nyaman dan tidak mudah masuk angin

4. Untuk masalah pencernaan

Kandungan kimia yang berhasil dalam jahitan merah juga berguna untuk mengatasi masalah pencernaan. Jaman dulu orang selalu menggunakan jahe merah jika ada masalah dengan pencernaan mereka.

5. Meredakan mual di pagi hari

Morning sickness sering dialami oleh wanita hamil yang masih dalam trimester pertama. Ini sangat masuk akal karena perubahan hormon dalam tubuh. Meskipun itu adalah masalah umum, itu bisa membuat wanita hamil merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, disarankan mengonsumsi minuman yang dibuat dari jahe.

6. Cegah kanker usus

Jahe merah memiliki kandungan yang bermanfaat untuk usus. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di negara Amerika membuktikan bahwa, seseorang yang rajin mengonsumsi makanan atau minuman yang dibuat dari jahe dapat terhindar dari kanker usus besar.

7. Obat sakit kepala

Rasa khas jahe merah dan efek hangat yang dihasilkannya membuat orang lebih rilek dan nyaman. Itu sebabnya jahe merah sering digunakan sebagai obat sakit kepala alami.

8. Mengobati alergi

Biasanya, jahe ini digunakan untuk menyembuhkan rasa gatal di kulit. Caranya adalah dengan menempelkan jahe ke kulit yang terpotong hingga rusak.

9. Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan yang dibutuhkan oleh tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu hasil dari konsumsi makanan atau minuman yang dibuat dari jahe merah, ini untuk mencegah penyakit, termasuk penyakit korona atau corona. Tapi penelitian masih diperlukan untuk mencegah atau mengobati penyakit ini.

10. Meredakan tenggorokan

Tanaman ini menghasilkan efek hangat, bisa meredakan tenggorokan. Sangat cocok untuk mereka yang menderita sakit tenggorokan atau batuk yang membuat tenggorokan menjadi gatal.

Rekomendasi


Manfaat jahe merah bagi kesehatan memang memberikan efek positif bagi tubuh manusia. Namun, sebelum penyakit datang, disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga yang cukup. Agar tubuh menjadi lebih sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah