cara budidaya kayu manis dan manfaatnya

cara budidaya kayu manis dan manfaatnya

Kayu manis atau Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum adalah sejenis pohon penghasil rempah. Termasuk dalam jenis rempah-rempah dan bukan buah maupun sayuran, rempah ini sangat beraroma, manis, dan pedas. Semua orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan termasuk rempah ini.

Bumbu ini salah satu bahan makanan rempah tertua yang digunakan oleh manusia. Bumbu ini digunakan pada jaman Mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali dalam buku-buku Perjanjian Lama.

Rempah ini juga secara tradisional digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit, dengan campuran madu, untuk pengobatan radang sendi, perut kembung, kulit & jantung.

Pertumbuhan


Kayu manis terdaftar sebagai salah satu herbal tertua di dunia. Bayangkan, rempah-rempah ini sudah dikenal orang sejak 2.700 tahun sebelum masehi. Deskripsi pertamanya juga ditulis pada abad ke-3 Masehi. Saat ini, tanaman dari daratan Asia telah banyak digunakan di berbagai industri, baik sebagai perasa, rempah-rempah, dan obat-obatan.

Dengan meningkatnya kebutuhan akan produk-produk tanaman ini di pasar dunia, pengembangannya perlu dipertimbangkan, dan tidak sulit untuk dibudidayakan secara intensif.

Di negara asalnya, tanaman ini dibudidayakan di lereng bukit pada ketinggian 90-300 m di atas permukaan laut, dengan suhu harian 18-25 ° C dan curah hujan total 1.300 mm per tahun. Dapat ditanam di berbagai jenis tanah, termasuk andosol, latosol, dan aluvial dengan kesuburan sedang hingga subur.

Di negara Indonesia tanaman ini tumbuh dengan baik di berbagai tempat pada ketinggian 250-1100 m di atas permukaan laut, dan dengan sistem drainase yang baik. Iklim yang diinginkan tidak terlalu panas (suhu 19,4–22,4 ° C), curah hujan cukup dan merata, topografi berbukit atau lembab.

Diperbanyak Melalui Biji


Tanaman ini diperbanyak melalui biji, cangkokan, atau pucuk air yang berakar yang ditemukan di pangkal tunggul batang. Untuk mendapatkan benih berkualitas baik, harus memilih pohon induk yang memenuhi persyaratan.

Pemilihan didasarkan pada sifat-sifat baik yang terlihat, tingkat minyak atsiri dalam kulit kayu, dan tingkat cinnamaldehyde sebagai komponen utama minyak.

Aroma kulit berkualitas tinggi lebih kaya dan lebih menonjol, lebih manis dan pedas (hangat). Mempertimbangkan bahwa buah kayu manis disukai oleh burung karena rasanya yang manis, yang terbaik adalah mendapatkan rempah pada pohon dari gangguan burung dengan menutup seluruh kanopi tanaman dengan jaring

Untuk mendapatkan biji dengan kecambah tinggi tidak harus menunggu buah gugur matang. Buah hanya dipetik ketika kulitnya hitam sebagai tanda pohon matang. Buah ini kemudian direndam dalam air dan diuleni dengan tangan, untuk mendapatkan biji yang bersih dari daging dan kulit buah.

Budidaya Pembibitan


Sebelum disemai, benih harus dikeringkan di tempat teduh selama beberapa hari. Segera setelah itu benih harus ditaburkan agar tidak kehilangan potensi pertumbuhannya. Pembibitan harus dibuat dalam bentuk tempat tidur, hindari genangan air, dan diberi atap.

Jika persemaian kurang gembur, tanah harus dicampur dengan pasir dan pupuk kandang atau humus secukupnya. Lebih baik lagi jika diberi urea + TSP + pupuk KCL (1: 1: 1/2) dengan dosis sekitar 175 gr / m.

Setelah tingkat pembibitan turun dalam 3-4 hari, pembibitan dapat dilakukan. Benih ditaburkan dengan merendamnya di tanah sekitar 1-2 cm, dengan jarak sekitar 5 cm dan disiram setiap hari. Biasanya seminggu kemudian, kecacatan mulai muncul.

Setelah daunnya 2 helai, akarnya sudah memanjang. Sebelum akar mencapai panjang 5 cm, benih segera ditransplantasikan ke polybag 4 liter yang berisi tanah + kandang (humus) + pasir dalam perbandingan 1: 1: 1.

Polibag kemudian ditempatkan di tempat teduh dan disiram 3 kali sehari atau tergantung keadaan. pupuk Gangguan hama di pembibitan dapat diatasi dengan menggunakan fungisida sistemik dan insektisida yang direkomendasikan.

Bibit yang terserang penyakit virus berbahaya yang menyebabkan tunas dan tanaman muda menjadi transparan, keriting dan kering, harus segera dikeluarkan dari pembibitan dan dibakar.

Beberapa bulan sebelum bibit dipindahkan ke kebun, keteduhan dikurangi secara bertahap sampai akhirnya keteduhan menghilang, itu untuk melatih benih melawan matahari. Perawatan ini biasanya disebut pengerasan. Bibit dapat ditanam di kebun setelah berumur setahun dengan tinggi hampir 1 meter.

Penyiangan dan penanaman

Penyiangan dilakukan tergantung pada situasinya. Jika tanahnya rata, saluran drainase perlu dibuat dan tanah diolah dengan cangkul 1-2 kali. Setelah itu tanah dihaluskan dan permukaannya diratakan. Akhirnya dibuat alur dangkal dan lurus dengan jarak masing-masing 1 meter.

Ke dalam saluran ditaburkan benih pupuk hijau. Di antara deretan pupuk hijau, sebuah lubang di tanaman berukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm atau 50 cm x 50 cm x 50 cm dibuat dengan jarak 2 meter berturut-turut dan 2-3 meter di antara baris. Jarak yang sempit ini dimaksudkan untuk mendapatkan tanaman lurus dan beberapa cabang, sehingga mereka akan mudah dikuliti.

Tanaman pupuk hijau dipangkas setelah mencapai 1 meter atau lebih, dan pemangkasan dimasukkan ke dalam lubang tanaman. Saat benih pupuk hijau disebarkan 6 bulan sebelum tanam kayu manis, pemangkasan pupuk dapat dilakukan 2 kali, setelah pupuk membusuk, maka biji ditanam di setiap lubang.

Beberapa hari sebelum tanam, setiap lubang tanam juga harus diberikan 10 kg pupuk kandang sebagai pupuk dasar. Benih ini harus dilindungi dengan tanaman pelindung seperti turi yang ditanam setiap 15 meter. Tanaman pupuk hijau yang mulai naik setelah dipangkas harus dibiarkan tumbuh untuk melindungi tanaman dari matahari.

Pemeliharaan

Pupuk hijau masih dapat dipangkas untuk digunakan sebagai pupuk organik atau mulsa untuk tanaman kayu manis ini. Pemupukan dengan Pupuk tiruan lengkap (N, P, dan K) dapat dilakukan agar tanaman tumbuh dengan cepat. Pemupukan dengan urea, TSP, dan KCI dimulai pada usia 6 bulan setelah tanam dengan dosis masing-masing 5 gram.

Setelah 6 bulan, tanaman dibuahi lagi dengan pupuk buatan, tetapi dosisnya dua kali lipat dari pemupukan sebelumnya. Ini dilakukan sampai sebelum panen. Hama dan penyakit untuk tanaman ini belum begitu berbahaya.

Tetapi belalang dan ulat pemakan tumbuhan muda juga dapat diberantas dengan insektisida kontak atau racun perut. Sama halnya dengan kanker batang, pemberantasan dilakukan dengan membuang tanaman yang sakit sedini mungkin dan kemudian membakarnya.

Panen

Pemanenan dapat dilakukan dengan menguliti tanaman yang tidak baik, dipotong atau yang telah ditebang. Panen pertama dilakukan pada usia 4-5 tahun, biasanya ditujukan untuk penjarangan. Setelah masuk, biasanya tunas baru akan muncul. Dan pada saat itu, pemupukan sangat diperlukan, baik dengan pupuk kandang, pupuk buatan, atau kombinasi keduanya.

Agar taman tidak terlalu lembab, cukup pertahankan 1-3 tunas saja. Setelah pucuk memiliki diameter minimal 4 cm pada usia 3-4 tahun, penebangan dapat dilakukan lagi. Penebangan dilakukan beberapa sentimeter dari tanah, dan batang tanaman dibersihkan dari daun dan ranting.

Sebelum menguliti, kulit kayu harus dikikis untuk menghilangkan lapisan luar kulit (epidermis) yang berwarna hijau dan rasanya pahit. Setelah itu batang dipotong melingkar dengan jarak masing-masing sekitar 60 cm, kemudian lakukan pengerasan mulai dari bagian bawah yang mengarah ke lebar 4 cm. Dengan demikian pita kulit panjang 60 cm akan diperoleh dengan lebar 4 cm.

Pita kulit ini harus segera dikeringkan untuk mendapatkan warna yang bagus dan cerah. Karena itu kegiatan ini harus dilakukan sedini mungkin. Pengeringan dilakukan selama 2-3 hari.

Kulit kering akan menggulung seperti pipa, dan disebut pena bulu. Duri ini harus tidak berjamur, karena itu, tidak boleh ditumpuk satu sama lain sehingga duri bisa mengering sepenuhnya.

Setelah kering, selimut diikat menjadi bundel dengan berat 2 kg, dan dikemas ulang dalam karung goni dengan berat 50 kg per karung.

Dalam perdagangan internasional, kayu manis hanya dikenal dengan 3 jenis kualitas, yaitu seluruh gulungan (duri wholle atau gulungan Cina), kulit rusak (patah terpilih), dan ekstra rusak (ekstra terpilih rusak). Selain menilai bentuk, kualitas kayu manis Cina di pasaran juga ditentukan oleh warna, ketebalan, dan kandungan minyak kulit yang bersangkutan.


  • Nutrisi kulit kayu manis Jumlah Per 100 g


Kalori (kcal) 247, Jumlah Lemak 1,2 g, Lemak jenuh 0,3 g, Lemak tak jenuh ganda 0,1 g, Lemak tak jenuh tunggal 0,2 g, Lemak trans 0 g, Kolesterol 0 mg, Natrium 10 mg, Kalium 431 mg, Jumlah Karbohidrat 81 g, Serat pangan 53 g, Gula 2,2 g, Protein 4 g, Vitamin A 295 IU, Vitamin C 3,8 mg, Kalsium 1.002 mg, Zat besi 8,3 mg, Vitamin D 0 IU, Vitamin B 60,2 mg, Vitamin B1 20 µg, Magnesium 60 mg.

Baca juga cara mengatasi keriting daun cabai

Manfaat


Melindungi Kerusakan Oksidatif

Antioksidan melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Rempah ini sarat dengan antioksidan kuat, seperti polifenol.
Dalam sebuah studi yang membandingkan aktivitas antioksidan dari 26 rempah-rempah, bumbu ini akhirnya menjadi pemenang, bahkan mengungguli makanan super, seperti bawang putih dan oregano. Bahkan, sangat kuat sehingga rempah ini dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

Memiliki Sifat Anti inflamasi

Ini membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. Namun, peradangan bisa menjadi masalah ketika kronis dan diarahkan pada jaringan tubuh. Rempah ini mungkin bermanfaat dalam hal ini. Studi menunjukkan bahwa rempah-rempah ini dan antioksidannya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Baik Untuk Jantung

Bumbu ini telah dikaitkan dengan pengurangan resiko penyakit jantung, penyebab kematian dini prematur yang paling umum di dunia.
Pada orang dengan diabetes tipe 2, 1 gram atau sekitar setengah sendok teh per hari telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada penanda darah.

Ini mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol LDL "jahat" dan trigliserida, sementara kolesterol HDL "baik" tetap stabil. Sebuah studi menyimpulkan bahwa dosis kayu manis hanya 120 mg per hari dapat memiliki efek ini.

Dalam studi ini, rempah ini juga meningkatkan kadar kolesterol HDL "baik". Dalam penelitian pada hewan, rempah ini telah terbukti mengurangi tekanan darah.
Ketika dikombinasikan, semua faktor ini dapat secara drastis mengurangi resiko penyakit jantung.

Meningkatkan Sensitivitas terhadap Hormon Insulin

Insulin adalah salah satu hormon utama yang mengatur metabolisme dan penggunaan energi.
Ini juga penting untuk mengangkut gula darah dari aliran darah ke sel-sel. Masalahnya adalah banyak orang yang kebal terhadap efek insulin.

Ini dikenal sebagai resistensi insulin, ciri khas kondisi serius seperti sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Ini dikenal sebagai resistensi insulin, ciri khas kondisi serius seperti sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Berita baiknya dapat secara dramatis mengurangi resistensi insulin, membantu hormon penting ini melakukan tugasnya. Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, rempah ini dapat menurunkan kadar gula darah.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis menurunkan kadar gula darah dan memiliki efek anti diabetes yang kuat. Bumbu ini terkenal karena sifat penurun gula darahnya. Terlepas dari efek menguntungkan pada resistensi insulin, rempah ini dapat menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme lain.

Pertama, rempah ini telah terbukti mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah makan. Ini dilakukan dengan mengganggu sejumlah enzim pencernaan yang memperlambat penguraian karbohidrat di saluran pencernaan.

Kedua, senyawa dalam rempah dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin.
Ini sangat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel, meskipun bertindak jauh lebih lambat daripada insulin itu sendiri.

Sejumlah penelitian pada manusia telah mengkonfirmasi efek anti-diabetes dari rempah ini, menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan kadar gula darah puasa sebesar 10-29%. Dosis efektif biasanya 1-6 gram atau sekitar 0,5-2 sendok teh kayu manis per hari.

Menyembuhkan Penyakit Alzheimer.

Penyakit neurodegeneratif ditandai oleh hilangnya struktur atau fungsi sel-sel otak secara progresif. Penyakit Alzheimer dan Parkinson adalah dua jenis yang paling umum.
Dua senyawa yang ditemukan dalam rempah ini tampaknya menghambat penumpukan protein yang disebut tau di otak, yang merupakan salah satu ciri khas penyakit Alzheimer.

Dalam sebuah studi pada hewan tikus dengan penyakit Parkinson, rempah ini membantu melindungi neuron, tingkat neurotransmitter yang dinormalisasi dan meningkatkan fungsi motorik. Efek ini perlu dipelajari lebih lanjut pada manusia.

Melindungi Terhadap Kanker

Kanker adalah penyakit serius, ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Penyedap makanan ini telah dipelajari secara luas untuk potensinya dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

Secara keseluruhan, bukti terbatas pada penelitian tabung dan hewan, yang menunjukkan bahwa ekstrak rempah dapat melindungi terhadap kanker. Kerjanya dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor dan tampaknya beracun bagi sel kanker, menyebabkan kematian sel.

Sebuah studi pada tikus dengan kanker usus besar mengungkapkan bahwa bumbu ini adalah aktivator ampuh dari enzim detoksifikasi di usus besar, melindungi terhadap pertumbuhan kanker lebih lanjut.

Temuan ini didukung oleh percobaan tabung, yang menunjukkan bahwa rempah ini mengaktifkan respons antioksidan pelindung dalam sel usus manusia.
Apakah rempah ini memiliki efek dalam kehidupan, pernapasan manusia perlu dikonfirmasi dalam studi terkontrol.

Membantu Memerangi Infeksi Bakteri dan Jamur

Cinnamaldehyde, salah satu komponen aktif utama bumbu ini, dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi. Minyak kayu manis telah terbukti efektif mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur

Ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu, termasuk Listeria dan Salmonella. Namun, buktinya terbatas dan sejauh ini kayu manis belum terbukti mengurangi infeksi di tempat lain di tubuh.
Efek antimikroba rempah ini juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

Efek samping


Meskipun banyak manfaat kayu manis yang didapat, tapi hati-hati dengan penggunaannya. Pasalnya, tetap saja suplemen herbal ini dapat menimbulkan efek samping tertentu, seperti:
peningkatan denyut jantung
wajah memerah dan memanas
stomatitis, glositis, gingivitis
peningkatan motilitas, anoreksia, iritasi
dermatitis alergi (topikal)
sesak napas
hipersensitivitas

Keamanan


Simpan kayu manis di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari panas dan kelembapan.
Encerkan minyak rempah dalam minyak pelarut. Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan resikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan