12 Manfaat Kedelai hitam

12 Manfaat Kedelai hitam

Kedelai hitam secara ilmiah dikenal sebagai Phaseolus vulgaris (biasa disebut Black turtle bean, Kacang kering).

Kedelai hitam adalah tanaman tahunan herba yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan atau Fabaceae. Berasal dari Amerika Selatan & Tengah dan banyak dibudidayakan di berbagai belahan dunia untuk dimakan.

Varietas phaseolus vulgaris dikembangkan dalam bentuk semak dan kembaran. Bentuk semak mencapai 1 meter dan tumbuh rumpun berdaun tegak. Bentuk melilit tumbuh hingga 4 meter dan membutuhkan tiang sebagai penyangga.

Tanaman memiliki daun majemuk trifoliat yang memiliki selebaran oval sampai belah ketupat berukuran 16 cm dan puber.

Bunga berwarna kuning, ungu, putih atau merah yang longgar dan terbuka cluster tidak bercabang. Bunga-bunga diganti dengan polong bulat agak pipih yang panjangnya sekitar 15 cm.

Varietas Kedelai hitam


Kedelai hitam adalah salah satu varietas dari kedelai (Glycine max (L) Merrit). Kedelai hitam milik botani dan nutrisi memiliki banyak manfaat dengan kedelai kuning, namun warnanya yang hitam membuat kedelai ini memiliki pemanfaatan yang spesifik.

Kedelai hitam terkenal sebagai bahan baku pembuatan kecap manis maupun kecap asin.
Di Cina, kedelai hitam digunakan untuk membuat asinan fermentasi yang disebut dengan douchi.

Dalam kuliner China, ada saus khusus yang disebut dengan saus kedelai hitam, saus ini dibuat dengan cara yang mirip dengan tauco, namun berbeda dengan kecap dan tauco, rasa saus ini tajam keasam-asaman da bulir kedelainya masih tampak.

Kedelai hitam juga dikenal sebagai kedelai penyu dan diklasifikasikan sebagai kacang-kacangan. Ini memiliki penampilan seperti cangkang keras.

Meskipun telah dimasak dan dibudidayakan selama ribuan tahun di Amerika Selatan, itu tidak mencapai Atlantik sampai 1500-an di kapal penjelajah Eropa.

Mirip dengan kacang-kacangan lainnya seperti kacang polong, kacang tanah dan lentil, kedelai hitam dihargai karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi.

Ini mengandung berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kedelai hitam adalah sumber magnesium, tiamin, mangan, fosfor, zat besi dan folat.

Penyebaran Kedelai Hitam


Kedelai hitam berasal dari Amerika Tengah dan Selatan sejak 7000 tahun yang lalu dan menjadi makanan pokok. Pada abad ke-15, ditemukan oleh penjelajah Spanyol di Peru dan dibawa ke Eropa.
Pada akhirnya menyebar ke Asia dan Afrika oleh pedagang Portugis dan Spanyol, dan menjadi populer untuk kapasitas penyimpanan jangka panjang, kemudahan pertumbuhan, tekstur, rasa dan nutrisi.

Saat ini adalah makanan pokok di Kuba, Brazil, Meksiko, Republik Dominika dan masakan Guatemala. Brazil dan India adalah produsen utama kedelai hitam kering. Indonesia, Meksiko, dan Amerika Serikat juga memproduksi kedelai ini.

Kedelai hitam adalah tambahan sehat untuk diet, karena mengandung kadar protein tinggi, sangat baik untuk vegetarian dan vegan. Kacang hitam sarat dengan serat yang mendukung pencernaan. Ini membantu mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Karena karbohidrat dan proteinnya yang komplek, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sederhana. Ini membuat seseorang merasa lebih kenyang untuk periode waktu yang lebih lama.

Manfaat Kesehatan Kacang Hitam dari gizi dapat menjadi konsumsi harian terbaik Anda untuk keluarga Anda. Beberapa peneliti juga membuktikan bahwa kedelai ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

1 gelas sama dengan 172 gram per sajian
Nilai Nutrisi Umum (% dari AKG)
  • Kalori 227 Kcal (11%)
  • Protein 15 gram (30%)
  • Total Lemak 1 gram (1%)
  • Lemak jenuh 0,2 gram (1%)
  • Omega 3 181 mg
  • Omega 6 217 mg
  • Karbohidrat 41 gram (14%)
  • Serat Makanan 15 gram (60%)
  • Vitamin
  • Vitamin A 10.3 IU (5%)
  • Vitamin B6 0,1 mg (6%)
  • Thiamin 0,4 mg (28%)
  • Riboflavin 0,1 mcg (6%)
  • Niasin 0,9 mg (4%)
  • Folat 256 mcg (64%)
  • Asam Pantotenat 0,4 mg (4%)
  • Mineral
  • Kalsium 46 mg (5%)
  • Zat Besi 4 mg (20%)
  • Magnesium 120 mg (30%)
  • Fosfor 241 mg (24%)
  • Potassium 611 mg (17%)
  • Seng 1,9 mg (13%)
  • Tembaga 0,4 mg (18%)
  • Mangan 0,8 mg (38%)
  • Selenium 2,1 mcg (3%)

baca juga manfaat buah pakel

Beberapa Manfaat Kedelai Hitam:


1. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Kedelai hitam kaya akan mineral seperti magnesium, besi, seng, kalsium, fosfor, mangan, dan tembaga. Zat-zat itu penting untuk tulang, mereka berkontribusi untuk mempertahankan dan membangun struktur tulang yang kuat.

Fosfor dan kalsium memiliki peran penting dalam membangun struktur sementara kekuatan tulang yang dipertahankan oleh seng dan besi. Tulang dan persendian adalah organ yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Ketika Anda masih muda, Anda mungkin tidak menyadari bahwa makanan memiliki kontribusi besar untuk menjaga kesehatan tulang Anda, tetapi ketika Anda mulai memasuki usia lanjut, beberapa kondisi seperti nyeri sendi akan mulai muncul.

Mengonsumsi kedelai hitam saat ini bisa menjadi investasi yang sangat baik untuk kesehatan tulang di usia lanjut.

2. Kedelai Hitam Mengurangi Impotensi

Tingkatkan Kesuburan adalah salah satu yang dimiliki kedelai hitam. Kedelai ini mengandung mineral langka yang menurut penelitian baru-baru ini efektif dalam mengurangi impotensi dan masalah disfungsi ereksi.

Mineral langka ini disebut molibdenum, mengapa disebut langka? Itu karena jarang ditemukan dalam makanan lain, sehingga membuat kacang hitam sangat istimewa.

Molibdenum telah terbukti berhubungan dengan peningkatan energi selama aktivitas seksual. Satu lagi fungsi mineral langka ini adalah dapat membantu mendetoksifikasi beberapa senyawa asam yang ditemukan dalam makanan sehari-hari yang dapat menyebabkan disorientasi pada sebagian orang.

3. Membantu Aliran Darah

Kedelai adalah sumber serat. Kedelai hitam memiliki kandungan serat tinggi, serat makanan yang memberikan rasa kenyang setelah dikonsumsi dan membantu mengendalikan kadar gula darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi kedelai hitam membantu mengendalikan nafsu makan dan menghasilkan pengurangan signifikan lemak tubuh yang tidak sehat.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan yang baik, orang dewasa harus mengonsumsi 30 gram serat setiap hari, jadi konsumsilah satu cangkir kedelai hitam.

Protein dan serat membantu glukosa dari pati kacang untuk melepaskan perlahan ke dalam aliran darah. Kedelai membuat Anda kenyang untuk periode waktu yang lebih lama.

4. Baik Untuk Sistem Saraf

Sistem folat yang terkandung dalam kedelai hitam tidak hanya baik untuk wanita hamil, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Asam amino yang terkandung dalam kedelai hitam meski sudah dikombinasikan dengan molibdenum tidak akan berfungsi optimal tanpa asam folat.

Asam amino adalah zat penting yang dibutuhkan oleh sistem saraf, yang tanpanya dapat meningkatkan resiko penyakit Parkinson dan dalam kondisi terburuk dapat menyebabkan penyakit seperti Alzheimer.

5. Kedelai Untuk Menstabilkan Kadar Gula Darah.

Konsumsilah jenis karbohidrat yang tepat dalam bentuk sayuran utuh dan olahan, kacang-kacangan, pati dan biji-bijian bertunas untuk menstabilkan kadar gula darah.

Kedelai mengandung karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai pati, yang dapat mencerna tubuh secara perlahan dan menggunakannya untuk energi tanpa meningkatkan kadar gula darah, itu membuat kedelai hitam rendah pada indeks glikemik.

6. Kedelai Hitam Adalah Sumber Mineral Dan Vitamin.

Kedelai memiliki kandungan zat besi, magnesium, fosfor, folat dan Vitamin B yang tinggi. Sangat penting bagi vegan dan vegetarian yang mungkin kekurangan nutrisi ini dengan menghilangkan sumber hewani.

Kedelai hitam memiliki aktivitas anti-inflamasi dan mencegah fibromyalgia, sindrom metabolik, usus bocor dan lainnya. Makanan kaya magnesium sangat penting untuk menjaga kesehatan sel serta 300 fungsi biokimia dalam tubuh.

7. Mencegah Cacat Pada Bayi

Wanita hamil harus mengkonsumsi asam folat yang membantu mencegah cacat lahir. 400 mikrogram asam folat sebelum atau di awal kehamilan dapat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf pada bayi dapat dikurangi hingga 70%.

Cacat tabung saraf seperti encephalocele, anencephaly dan spina bifida dapat berkembang dalam 28 hari pertama kehamilan. Tambahkan kedelai hitam ke dalam menu harian.

Tetapi ingatlah untuk tidak mengonsumsi lebih dari 1000 mcg asam folat per hari karena dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12.

8. Melindungi Jantung

Kedelai hitam melindungi kesehatan jantung dengan menurunkan peradangan. Kedelai mengandung kandungan fitonutrien tinggi seperti flavonoid yang dikenal sebagai petunidin, delphinidin, dan malvidin.

Penelitian telah terbukti mengontrol metabolisme lemak lipid dan mendukung ekskresi kolesterol. Kedelai hitam memiliki kandungan serat larut tinggi dan merupakan serat makanan yang terkait dengan menangkal penyakit jantung dengan menyeimbangkan kadar kolesterol tidak sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa serat makanan dari sumber kacang-kacangan membantu melindungi terhadap serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke.

Serat membantu menurunkan peradangan, karena menghilangkan racun dan limbah dari tubuh dengan membersihkan arteri dari penumpukan wabah berbahaya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa satu porsi setiap hari (3/4 cangkir kedelai matang) membantu menurunkan risiko serangan jantung dan keseimbangan kolesterol jahat.

Selain itu, kedelai hitam adalah sumber magnesium yang baik, folat yang sangat penting untuk menjaga sistem kardiovaskular yang sehat.

Minyak pada kedelai hitam memiliki kandungan asam alfa linolenat yang merupakan jenis asam lemak omega-3, zat ini untuk pemeliharaan kesehatan jantung.

Ekstrak kedelai hitam juga dapat mengurangi risiko yang terkait dengan kardiovaskular dan melancarkan sirkulasi darah.

9. Baik Untuk Penderita Diabetes

Kedelai hitam memiliki zat tepung yang mengandung glukosa, dan mudah digunakan oleh tubuh untuk berbagai fungsi.

Karbohidrat sederhana atau cepat melakukan kebalikan dari karbohidrat komplek. Asupan jenis karbohidrat yang salah menghasilkan penurunan dan lonjakan tingkat energi yang menghasilkan kadar gula tinggi setelah konsumsi karbohidrat sederhana yang mengikuti tabrakan gula.

Ini menyebabkan tingkat energi yang rendah dan memberikan tekanan kronis pada tubuh. Kacang hitam memberikan energi yang dilepaskan waktu dalam bentuk pati yang menjadikannya sumber karbohidrat yang baik bagi orang dengan resistensi insulin atau pasien diabetes.

10. Memperlambat Penuaan

Satu cangkir kedelai hitam menawarkan 14 gram protein pembakar lemak dengan nutrisi penting dan antioksidan yang membantu memperlambat proses penuaan. Tubuh menggunakan protein dalam bentuk asam amino untuk berbagai fungsi.

Konsumsi protein dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk mengatasi gejala yang terkait dengan defisiensi protein termasuk kelelahan, kelemahan otot, masalah mata seperti katarak, energi rendah, kesehatan kulit yang buruk, masalah jantung dan hormon yang tidak seimbang.

Protein sangat penting untuk membangun otot dan membuat tubuh berenergi, awet muda dan kuat. Kedelai menambahkan protein tinggi serat dan rendah lemak ke dalam makanan.

11. Melindungi Kesehatan Usus Besar

Kandungan serat dalam kacang hitam meningkatkan pencernaan dengan membersihkan saluran pencernaan dari penumpukan racun.

Kerjanya seperti anugerah bagi sistem pencernaan yang mendorong limbah melalui saluran pencernaan, sehingga bakteri yang ditemukan di flora usus bisa seimbang. Ini mencegah masalah kesehatan yang tidak diinginkan seperti IBS dan sembelit.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kacang hitam melindungi kesehatan usus besar dan mencegah kanker usus besar, karena kemampuannya menghambat kerusakan oksidatif dalam sistem pencernaan. Serat menjaga tingkat pH pada tubuh, keseimbangan alkalinitas, dan keasaman.

Ini memiliki efek alkalisasi yang menyeimbangkan tingkat pH dengan menghilangkan tingkat keasaman yang tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kedelai hitam membersihkan bakteri dan racun yang tidak diinginkan dari tubuh, kedelai memulihkan aktivitas pencernaan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Serat membantu penyerapan nutrisi dan melepaskan asam ke dalam aliran darah, menyediakan bahan bakar, fungsi hati, membersihkan saluran pencernaan, menghilangkan patogen, limbah berbahaya, gula ekstra, dan kolesterol tidak sehat.

Konsumsi serat yang cukup dari sumber tanaman untuk merangsang pencernaan, menyeimbangkan elektrolit dan menjaga metabolisme tubuh yang sehat.

12. Melawan Penyakit Kanker

Kedelai hitam memiliki senyawa flavonoid dan fitokimia penting yang bertindak sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi berbagai bentuk kanker terutama kanker usus besar. Kedelai hitam yang memiliki warna hitam pekat adalah sumber antioksidan terkaya.

Antioksidan membantu menangkal kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau stres oksidatif.

Ketika radikal bebas secara berlebihan hadir dalam tubuh. dan diet standar tidak memberikan antioksidan yang memadai untuk menangkal kerusakan radikal bebas, maka penyakit ini lebih mungkin untuk berkembang.

Sayuran dan buah-buahan berwarna cerah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan kedelai hitam memiliki kandungan ini.

Studi menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam kedelai membantu mencegah kerusakan DNA dan mutasi gen yang dapat menyebabkan kemungkinan lebih rendah untuk mengembangkan sel kanker.

Kedelai hitam diperkaya dengan kandungan isoflavin sebagai zat antioksidan, dimana isoflavon pada kedelai mampu melawan hormon jahat yang menyebabkan penyakit kanker prostat dan kanker payudara.

Selain itu, kedelai hitam juga diperkaya dengan fitosterol, saponin, dan zat aktif lainnya yang mampu melawan penyakit kanker.

Peringatan


Kacang hitam mengandung purin sehingga jika digunakan berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Purin memecah untuk membentuk asam urat, sehingga akumulasi yang berlebihan menyebabkan asam urat serta pembentukan batu ginjal, ini berisi polifenol yang mungkin memiliki aspek negatif.

Kacang hitam mengandung racun yang dikenal sebagai phytohenagglutinin, dibandingkan dengan kacang merah, jumlah toksin agak rendah dan tidak dianggap berbahaya.

Tetapi dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hitam setelah dimasak, daripada konsumsi mentah, karena proses memasak menurunkan tingkat toksisitas toksin ini.

Asam fitat tidak menyebabkan kerusakan langsung pada tubuh, tetapi keberadaannya dapat mengganggu penyerapan mineral yang ada dalam kedelai hitam, buang asam fitat yang bertindak sebagai lapisan tipis pelindung benih.

Oligosakarida adalah gula kompleks yang tidak dapat dipecah dengan mudah dalam sistem. Ini menyebabkan masalah pencernaan yang serius.

Efek Samping dari Mengkonsumsi Kacang Hitam


Terkandung Toksin Yang Disebut Phytohenagglutinin.
Memang benar bahwa kedelai hitam mengandung racun yang disebut phytohenagglutinin, namun tidak perlu khawatir jika jumlah racun yang ditemukan dalam kacang hitam ini relatif rendah dan dianggap tidak berbahaya dibandingkan dengan kacang merah.

Namun, masih disarankan untuk mengonsumsi kedelai hitam matang daripada mentah, karena proses memasaknya dapat mengurangi tingkat toksisitas racun ini.

Kedelai Hitam Mengandung Asam fitat
Asam fitat mungkin tidak menyebabkan kerusakan langsung pada tubuh, tetapi keberadaan zat ini sebagai bagian dari kedelai hitam yang dapat mengganggu penyerapan mineral.

Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah dengan menghilangkan asam fitat yang berfungsi sebagai lapisan tipis perlindungan benih.

Kedelai Hitam Berisi Oligosaccharides
Apa itu oligosakarida? Oligosaccharides adalah gula kompleks yang tidak mudah dipecah dalam sistem tubuh manusia.

Ini dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius, tetapi hanya terjadi jika Anda mengonsumsi kedelai hitam dalam jumlah yang sangat banyak, namun proses memasak bisa mengurangi level zat ini.

Kedelai hitam adalah pilihan yang baik untuk vegetarian atau non-vegetarian, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi ketika salah satu anggota keluarga Anda adalah vegetarian, karena kacang hitam bisa menjadi pilihan alternatif untuk menggantikan protein daging.

Selain itu, tersedia dengan harga yang terjangkau sehingga tidak akan membahayakan anggaran bulanan Anda.

Kacang kering atau kacang kalengan adalah dua pilihan yang memungkinkan dan menyimpannya tidak terlalu sulit selama Anda memasukkan kedelai kering ke dalam wadah kering, Anda bisa menyimpan kacang dalam waktu yang cukup lama.

Sementara kedelai kalengan biasanya memiliki tanggal kadaluwarsa yang harus Anda pertimbangkan.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan, jika Anda lebih suka kedelai kaleng mungkin memastikan bahwa Anda hanya membeli kedelai hitam kaleng dengan label organik yang sangat dianjurkan untuk mengurangi kemungkinan terkontaminasi racun, karena kedelai hitam kaleng sudah mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah